Final Fantasy XIV Mulai Dipercanggih



Produser barunya lebih jago
Final Fantasy XIV sudah beredar selama setengah tahun. Selama masa itu pula game ini terus-terusan dirudung masalah. Masalah yang sudah ada sejak game dirilis pada September 2010 lalu, Mulai dari buruknya interface game, tantangan yang tidak seru, permainan yang tidak asik, serta segudang masalah lain yang muncul belakangan satu-persatu.

Untuk mengatasi masalah ini Square Enix akhirnya merekrut produser baru untuk menyelamatkan game dari kejatuhan. Akhir tahun lalu Naoki Yoshida direkrut untuk menggantikan produser veteran Hiromichi Tanaka.

Hasil kerja Naoki Yoshida sepertinya akan mulai terlihat dalam waktu dekat ini. Yaitu setelah permasalahan yang ada pada game berhasil diinventarisir.  Ada 2 isu yang menjadi perhatian besarnya. Pertama soal rancangan game yang tidak  mengikuti kemauan pemain, serta kurang memadainya support yang diberikan kepada tim pengembang.

"Square Enix tidak cukup melakukan pendekatan kepada konsumen. Bahkan sama sekali tidak melakukan kerjasama dengan mereka. Semua dilakukan sendiri. Jadi perubahan besar akan dilakukan pada masalah tersebut," demikian ungkap Naoki Yoshida.

Sebenarnya masalah yang dilihat Yoshida lebih besar lagi daripada yang sekadar diucapkannya. Hanya saja produser ini menjamin sanggup mengangkat kembali popularitas game FF XIV.

"Banyak game MMO dibikin karena adanya pemodal. Sementara seratus persen modal FF XIV berasal dari Square Enix sendiri. Sehingga kami dapat melakukan apapun yang dibutuhkan pemain tanpa ada campur tangan pihak lain," begitu kata produser baru FF XIV.

Yang jelas sangat banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan Naoki Yoshida dan tim-nya. Mengingat FF XIV adalah game jenis MMO yang bisa melibatkan ratusan pemain aktif dalam satu waktu. Beruntung Square Enix sangat mendukung proyek ini termasuk dengan menunda perilisan game Deus Ex: Human Revolution.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar